Sabtu, 26 September 2009

Sukses Internet


Sukses Internet
Sulit dibayangkan bagaimana Internet bertumbuh sedemikian cepat dan sukses tanpa kendali sebuah organisasi atau manajer proyek yang ambisius. Memang benar, tak ada yang memonopoli akses atau penggunaan Internet; tak ada semacam kerajaan monolitis dengan nama Internet Inc., yang mengendalikan rekening dan pengembangan aplikasi atau yang menjalin bagian tersembunyi di balik alam cyber. Salah satu alasan mengapa Intemet sedemikan berhasil adalah keseriusan para pengembangnya untuk menghasilkan standar atau bakuan "terbuka." Spesifikasi atau aturan yang diperlukan komputer untuk berkomunikasi tersedia secara terbuka dan gratis -- diterbitkan sehingga setiap orang dapat memperolehnya. Standar yang digunakan Internet ini dikenal sebagai protokol TCP/IP.
Walaupun Anda tidak begitu sering memikirkannya, standar ternyata berperan besar dalam kehidupan sehari-hari. Film kamera selalu pas pada kamera Anda, kertas halaman lepas yang Anda beli dari toko akan pas masuk dalam map Anda. Katalog buku perpustakaan juga mengikuti suatu sistem standar sehingga dengan hanya sekali mempelajarinya, Anda dapat pergi ke perpustakaan mana pun dan dapat menemukan buku yang Anda butuhkan. Sebaliknya, segala sesuatu yang tidak mengikuti standar akan menyulitkan hidup Anda. Standar sama pentingnya dalam alam komputer dan jaringan. Tanpa standar, hanya komputer bermerek sama sajalah yang dapat saling berkomunikasi, yang selanjutnya akan menciptakan Menara Babel elektronik. Sistem komputer dan jaringan yang menggunakan standar komunikasi yang sama yang dapat "bekerja sama (interoperate)" tak bergantung pada mereknya.
Kerja sama merupakan unsur utama dari interoperability. Sistem saraf Internet ini tak memiliki semacam otak pusat, seperti pada sebuah superkomputer berdaya tinggi yang mengendalikan operasinya dengan memberi masukan perintah dan mengarahkan bagian-bagiannya untuk melaksanakan tugas utama masing- masing. Sebaliknya, semua jaringan dan komputer bertindak sebagai rekan sebaya dalam pertukaran informasi dan komunikasi. Teknologi yang memungkinkan hal ini terjadi dikenal sebagai internetworking, yang menciptakan suatu keumuman antara berbagai sistem yang berbeda sehingga memungkinkan berbagai jaringan dan komputer berkomunikasi.
Pada dasamya, Internet berkisar sekitar konsep paket, yang merupakan batu-bata dasar atau bongkah digital. Semua informasi dan komunikasi yang ditransmisikan pada Intemet dipilah-pilah ke dalam berbagai paket yang merupakan suatu kesatuan bebas. Tiap-tiap paket ini kemudian menempuh lintasan dari satu jaringan ke jaringan lainnya secara terpisah hingga mencapai tujuannya, dan di situlah mereka disusun kembali untuk kemudian disajikan kepada pengguna atau proses komputer.
Metode jaringan ini sangat fleksibel dan tahan gangguan, yang memungkinkan beragam komputer dan sistem berkomunikasi dengan menggunakan perangkat lunak jaringan, bukan perangkat keras. Bila sebuah jaringan "tak jalan" -- yang berarti tak dapat mentransfer informasi -- semua paket dapat dijalurkan kembali ke jaringan lainnya. Penjaluran dinamik altematif dari informasi ini menciptakan suatu-cara komunikasi yang langgeng. Dan memang, itulah tujuan utama para insinyur jaringan yang mengembangkan teknologi ini selama Perang Dingin memuncak. Mereka menginginkan suatu jaringan yang terus berfungsi meskipun beberapa bagiannya dihancurkan ketika terjadi serangan musuh.
Walaupun beberapa pendatang baru mungkin tak peduli terhadap semua standar dan hal-hal terinci teknis ini, pemahaman mengenai infrastruktur mendasar ini akan sangat membantu dalam proses mempelajari menggunakan Intemet secara benar dan memanfaatkan sepenuhnya kemampuannya yang luar biasa. Sebenarnya yang dapat diperoleh lebih daripada itu; memahami dari bawah ke atas (bottom up) tentang bagaimana berbagai komputer dan jaringan yang terpisah-pisah itu dapat saling bekerja sama akan membuat Anda menghargai budaya Net - yaitu semangat berbagi rasa dan kerja sama yang bersumber dari Internet. Konsep interoperability dan standar terbuka ini akan dijelaskan lebih lanjut dalam bab 2, dan juga mengenai kerja sama antara berbagai protokol dan jaringan dalam memfungsikan Internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar