Senin, 28 September 2009

Sahabat Internet Pedoman bagi Pemula untuk Memasuki Jaringan Global


Mengelupas berbagai lapisan: Perbedaan berbagai jaringan

Untuk dapat memahami jaringan komputer, setiap orang harus melakukan banyak loncatan konseptual. Mencoba memahami perbedaan antara Internet dan layanan online serta jaringan lainnya adalah salah satu dari loncatan tersebut. Yang sangat sulit adalah bila Anda hanya mengenal salah satunya saja. Secara harfiah, ada ribuan "jaringan" yang dapat Anda akses. Beberapa di antaranya telah hadir selama kurang lebih dua puluh tahun. Apakah yang membuat Internet berbeda daripada jaringan yang lainnya? Perusahaan seperti Prodigy dan CompuServe bukanlah jaringan dalam pengertian bahwa Internet adalah jaringan; mereka adalah penyedia (provider) komersial dalam hal layanan informasi. Untuk memperoleh akses, Anda menelepon perusahaan itu, memberitahukan nomor kartu kredit Anda, dan membuka rekening . Di AS, Anda dapat pula menggunakan komputer dan modem Anda untuk menelepon sebuah nomor lokal atau angka 800 dan memperoleh akses ke layanannya. Semua layanan ini terdokumentasi, siap membantu, dengan struktur harga pemakaian serta akses yang sudah ditetapkan dengan jelas. Setiap layanan ini dimiliki, dikendalikan, dan dijalankan oleh sebuah perusahaan.
Ini berbeda dengan Internet. Ingat, Internet adalah jaringan dari himpunan jaringan, layanan angkutan, informasi jalan raya, yang secara keseluruhan bukanlah layanan informasi komersial. Internet merupakan sebnah sistem anarkis yang tersebar, dengan jumlah orang dan keragaman layanan melebihi yang dimiliki semua sistem informasi komersial bila disatukan semuanya. Bantuan, mutu, dan harga sambungan ke Internet serta layanannya tidak diatur atau ditetapkan secara jelas. Jumlah jalurnya sangat banyak; banyak cara untak memperoleh akses dari penyedia angkutan Internet yang bersifat lokal, nasional, dan internasional, atau dapat juga dengan menelepon berbagai sistem akses komersial.
Keluwesan ini mempunyai keuntungan dan juga kerugian. Dalam banyak hal, Anda tidak dibatasi pada satu jalan saja. Bila Anda tak menyukai salah satu penyedia layanan Internet, Anda dapat dengan mudah memperoleh akses ke Internet dengan cara lain. Namun, hal ini dapat mengecewakan, karena begitu banyaknya pilihan penyedia (di AS) sehingga kadang-kadang sulit untuk memutuskan.
Perbedaan lainnya yang perlu diingat adalah keragaman layanan yang Anda peroleh pada Internet. Sebagai contoh, untak menyediakan layanan informasi melalui sebuah penyedia informasi komersial, seseorang atau organisasi biasanya harus mempercleh izin dan membuat beberapa perjanjian dengan perusahaan pemilik layanan. Sebaliknya, Internet tidak mempunyai organisasi pengendali yang memberi pembatalan atau persetujuan. Akibatnya, setiap orang atau perusahaan bebas membnat sumber daya yang tersedia setiap hari. Ternyata, banyak pangkalan-data komersial, yang dapat Anda akses melalui suatu layanan informasi komersial, telah (atau sedang merencanakan untuk) melakukan hubungan langsung ke Internet. Internet pada dasarnya menyediakan jalur jalan raya bagi Anda untuk mencapai semua layanan ini. (Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda masih perlu membayar ke setiap penyedia pangkalan-data komersial untuk dapat menggunakannya).
Pemusatan: Lingkaran lalu-lintas pada jalan raya informasi
Internet menyediakan dasar pijakan yang sama bagi para penyedia layanan informasi untuk melakukan bisnis. Internet juga mengaburkan garis pemisah yang dulu membedakan sejumlah aplikasi.
Pada tanggal 23 Mei 1993, suatu peristiwa bersejarah terjadi ketika sebuah film pemujaan berjudul "Wax: Or the Discovery of Television Among the Bees" disiarkan melalui Internet kepada sekelompok kecil pemirsa sedunia yang mengamati dan mendengarkannya pada komputer mereka. Videonya kabur dan berwarna hitam putih, suaranya pun berdesis, tetapi film digital ini menandai suatu langkah baru ke depan, walaupun kecil dan tak penting, menuju pemusatan (penyatuan) audio, video, dan data. Film tersebut menceritakan seorang peternak lebah yang pada akhirnya diserang oleh kerumunan lebahnya. Mungkin ini adalah suatu peradilan puitis seperti yang kini terjadi pada para penggemar Internet (Internaut) yang terbelenggu oleh bit-bit digitalnya yang terus berdengung melalui berbagai kabel dan jaringan telepon.
Untuk memahami apa sebenarnya pemusatan gila-gilaan ini, baiklah kita mundur sejenak untuk meninjau jenis komunikasi lainnya. Sebagian besar televisi dan telepon memancarkan informasi (suara Anda, berita malam, dan lain-lain) dengan menggunakan sinyal analog; yang berarti bahwa informasinya dinyatakan oleh sebuah sinyal kontinyu dengan kekuatan yang berbeda-beda.
Komputer, sebaliknya, bekerja dengan digit atau angka biner (ganda), atau bit. Satu bit adalah angka 1 atau 0. Itu saja. Pada komputer, atau digital, informasi dinyatakan oleh beraneka pola angka satu dan nol ini. Dengan mendigitkan komunikasi - menyatakan segala sesuatu dalam angka satu dan nol - komputer dapat berurusan dengan multimedia dan data dengan cara yang sama. Selanjutnya, jika sejumlah komputer terhubungkan ke jaringan, mereka memungkinkan terjadinya komunikasi audio dan video antara berbagai orang, secara digital. Komputer Anda dapat menjadi alat komunikasi serbaguna yang menggabungkan fungsi telepon dan TV, dan juga memungkinkan Anda menggunakan berbagai aplikasi seperti pengolah kata atau program surat elektronik.
Pendigitan teknologi multimedia membuat komunikasi, penyiaran, dan industri penerbit semuanya menjadi tergila-gila pada pemusatan semua kegiatan ini. Peran tradisional telepon, jaringan televisi, dan perusahaan kabel yang sudah begitu akrab bagi kita, kini sedang menghilang dengan cepat, dan pada akhirnya, semua perusahaan itu akan bergabung dalam satu bisnis, dapat dengan menyediakan isinya -- hiburan, komunikasi interaktif, dan layanan informasi --atau akses ke semua fasilitas ini. Berbagai industri siaran dan hiburan kini telah menyiapkan diri dengan rnengiklankan kemungkinan layanan informasi baru ini, sedangkan perusahan komunikasi sedang mempertimbangkan sekutu dan gabungan barunya. Industri penerbit juga sedang mengatur kembali peran mereka.
Dan, melalui semuanya itu, Internet menjadi tempat uji-coba, dalam pengertian menggabungkan segala sesuatu pada jalurnya dengan memadukan berbagai teknologi dan membiarkan semuanya saling berinteraksi. Internet memang tidak menyediakan 500 buah saluran TV, tetapi dewasa ini sudah mungkin untuk berpartisipasi dalam video interaktif dan konferensi audio dari komputer Anda, dan menggunakan bersama satu "papan tulis" untuk membuat ilustrasi dan catatan. Seraya mendengarkan siaran radio dari Internet, Anda dapat pula menyadap (download) perangkat lunak. Anda dapat membaca berbagai artikel dan buku online dengan aneka pilihan mode, yakni teks, klip video, gambar diam, dan audio. Semua aplikasi ini baru belakangan ini saja tersedia, tetapi makin lama akan makin dikenal, dan akan mengambil porsi lalu-lintas dan penggunaan yang cukup besar pada Internet. Sayangnya, sebagian besar aplikasi ini membutuhkan workstation berdaya tinggi dan sambungan berkecepatan tinggi ke Internet -- persyaratan yang berada di luar jangkuan kebanyakan orang. Jadi, bila Anda ingin melihat masa depan, pergilah ke sebuah universitas atau lab penelitian. Tetapi, perlu diketahui bahwa semua ini adalah mungkin, karena mungkin tak lama lagi Anda akan turut berpartisipasi di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar