Senin, 28 September 2009

Masa Depan Internet


Masa depan

Bola kristal Internet tak memberi banyak petunjuk tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Para pengembang ARPANET memandangnya sebagai cara untuk mendekatkan sumber daya perangkat keras kepada para peneliti. Apa yang tak mereka perkirakan adalah bahwa surat elektronik akan banyak sekali digunakan oleh para peneliti pada berbagai tapak yang saling terpisah jauh secara geografi yang ingin saling berbicara dan bekerja sama. Jaringan berkecepatan tinggi lainnya yang dibangun untuk menghubungkan berbagai superkomputer sekarang lebih banyak digunakan untuk bekerja sama dan mengakses informasi.
Aplikasi yang paling populer sekarang ini masih pada komunikasi dan akses informasi, tetapi Internet kini telah mengalami "bedah-plastik." Kita sekarang mulai melihat lebih banyak antarmuka (interface) mudah-pakai yang membuat jaringan dunia ini menjadi "transparan." Artinya, jaringan dan komputer kini mulai terpadukan di rumah dan kantor, untuk melakukan berbagai tugas penting dan vital tanpa memusingkan para pengguna dengan berbagai rinciannya.
Salah satu antarmuka itu adalah Mosaic, dan dikenal sebagai "aplikasi pembunuh" terbaru dari Internet. Reputasi Mosaic sebagai aplikasi Internet yang mudah-pakai memang mengundang kekaguman, namun ia dipandang membawa muatan yang terlalu banyak melintasi jalanraya informasi ini -- maksudnya, ia memonopoli "jalanan." Ia memerlukan transfer data antara jaringan yang kadang-kadang luar biasa banyak jumlahnya, dan ini dapat menimbulkan kemacetan, sama seperti kemacetan yang kita alami di berbagai jalan kecil dan jalan raya.
Pengalaman kami dalam menggunakan Mosaic memberikan wawasan mengenai masa depan. Berbagai aplikasi masa depan akan membutuhkan teknologi jaringan yang lebih cepat, dan para peneliti jaringan sedang giat membangun jaringan berkecepatan tinggi. Ukuran kecepatan tinggi di masa depan adalah giga-bit per detik. Sebagai contoh, seluruh isi sebunh ensiklopedia dapat ditransfer dalam waktu beberapa detik pada sebnah jaringan berkecepatan giga-bit per detik.
Satuan ukuran ensiklopedia ini sering digunakan untuk menggambarkan seberapa cepatnya suatu jaringan bekerja. Tetapi, perlu disadari bahwa meskipun beberapa penerapan canggihnya, seperti konferensi-video, akan memerlukan kecepatan tinggi, peningkatan kapasitas ini akan digunakan pula untuk menangani bertambahnya jumlah orang yang akan menggunakan jaringan. Kapasitas tambahan ini dapat Anda bayangkan seperti 10 jalur jalan layang: jumlah jalurnya tidak memungkinkan Anda untuk melaju 10 kali lebih cepat; jumlah ini hanya memungkinkan lebih banyak mobil yang dapat meluncur pada saat yang bersamaan.
Kita perlu memperlebar jalannya, teristimewa bila Internet mengalami kepesatan pertumbuhan seperti saat ini (yang tak memperlihatkan tanda-tanda akan menurun). Ditaksir bahwa dalam beberapa tahun lagi akan terdapat 100 juta orang yang tersambungkan ke Internet. Dan, tampakuya, mereka akan berkomunikasi dengan menggunakan berbagai aplikasi video dan audio interaktif atau email yang melibatkan multimedia; jenis aplikasi seperti itu kini telah digunakan di sekolah, universitas, lab penelitian, dan beberapa usaha bisnis di AS.
Setelah menyimak penjelasan dalam bab ini, Anda mungkin segera bergegas lari menuju komputer Anda. Tetapi, sebelum Anda mulai mengetik, ada beberapa bahan latar belakang dan sebuah konsep dasar baru yang harus Anda pelajari sebelum Anda menamatkan Sekolah Menegah untuk masuk ke Perguruan Tinggi Internet. Jadi, pada bab 2, kita akan berkenalan dengan "keterangan penting pada Internet."



Tidak ada komentar:

Posting Komentar