Sabtu, 26 September 2009

Masyarakat maya


Masyarakat maya
Internet unggul dalam menghimpun berbagai orang. Karena geografi tak lagi menjadi pembatas, berbagai orang dari negara dan latar belakang yang berbeda dapat saling bergabung berdasarkan kesamaan minat dan proyeknya. Internet menyebabkan terbentaknya begitu banyak perkumpulan antara berbagai orang dan kelompok; jenis interaksi pada skala besar ini merupakan hal yang tak mungkin terwujud tanpa jaringan komputer.
Konsep koloni digital dan budaya online memang masih cukup baru, namun konsep ini dengan segera akan menjadi pandangan hidup para penjelajah Internet. Dalam dunia yang penuh kesibukan dengan suami-isteri sama-sama berkarier, dan bergaya hidup kerja-belajar, membangun berbagai kelompok minat dalam sebuah sekolah, lingkungan, atau kota sangatlah sulit. Masalah yang dihadapi masyarakat "alam nyata" antara lain kurangnya keterlibatan masyarakat setempat, geografi, dan berbagai jadwal yang kaku. Internet menerabas semua halangan ini. Dengan Internet, Anda lebih mudah ikut bergabung dalam sebuah diskusi yang sedang berlangsung dengan semua orang yang mempunyai minat sama kapan saja Anda mau, tak peduli di mana pun Anda berada.
Sebagai contoh, sekelompok profesional muda dan mahasiswa yang sibuk, di Seattle, Washington, memanfaatkan keluwesan Internet dengan menggunakan daftar email untuk memberi informasi kepada setiap orang tentang pertandingan bola voli, wisata ski, dan hiburan malam di kota. Mereka juga memeriksa berbagai laporan ski dan cuaca pada Internet, dan berpartisipasi dalam suatu kelompok minat online bola voli dan ski. Beberapa di antaranya melakukan perjalanan ke luar kota, tetapi mereka tetap mengikuti berbagai peristiwa lokal dengan mengakses Internet dan membaca email mereka sewaktu dalam perjalanan. Kelompok ini tak mungkin dapat terorganisasikan tanpa Internet; sekurang-kurangnya diperlukan seorang teman yang penuh dedikasi untuk memanggil setiap anggotanya dan mengkoordinasikan semua aktivitas mereka. Tak satu pun dalam kelompok ini yang mempunyai waktu untuk bertindak sebagai direktur. Bagi mereka, Internet telah menjadi perkakas sosial yang sangat diperlukan.
"Warga" Internet "mengemudikan" komputer mereka untuk mengelilingi perkemahan maya untuk bercakap-cakap dengan akrab dan membina persahabatan. Karena begitu mudahnya bergabung dan meninggalkan sebuah kelompok, desa maya Anda dapat berubah setiap hari atau bahkan setiap jam. Anda adalah penduduk asli web Anda, bola-cyber yang dapat Anda pengaruhi, tetapi sangatlah mudah untok menjadi seorang wisatawan, yang mengunjungi dan berinteraksi dengan komunitas lainnya. Anda juga dapat berjalan jalan secara incognito. Anda dapat menjadi sebuah cyborg digital, dengan kepribadian lain. Seperti yang dinyatakan dalam sebuah kartun terkenal di tahun 1993, "Pada Internet, tak seorang pun yang mengetahui bahwa Anda adalah seekor anjing."

2 komentar:

  1. in my life..
    I learned how 2be strong...
    happy and work hard..
    but I dint't learn how 2 survive..
    when you leave me here alone

    BalasHapus