Sabtu, 26 September 2009

Internet Sebagai Informasi dan Komunikasi


Komunikasi

Yang membedakan Intemet (dan jaringan global lainnya) dari teknologi komunikasi tradisional adalah tingkat interaksi dan kecepatan yang dapat dinikmati pengguna untuk menyiarkan pesannya. Tak ada medium yang memberi setiap penggunanya kemampuan untuk berkomunikasi secara seketika dengan ribuan orang. Coba bayangkan hal ini: Anda dapat, pada saat pertama kali menggunakan selancar-Net (Net-surfing), mengirimkan sebuah pesan yang berisi aneka pikiran Anda kepada ribuan orang. Medium komunikasi jenis lain apakah yang memberikan Anda kemampuan seperti itu? Seketika? Tanpa disunting?
Internet memang memungkinkan orang berbicara; setiap orang mempunyai pendapat, dan semua pendapat itu tampaknya bermuara pada Intemet. Intemet di sini berperan sebagai sebuah laporan pelanggan berkesinambungan, dengan setiap orang secara tak henti-hentinya menyumbangkan pandangan, pengalaman, rekomendasi, dan peringatan. Anda dapat menggunakan aplikasi komunikasi Internet (dijelaskan dalam bab 3) untuk meminta bantuan dari ribuan orang, menyiarkan pengumuman mengenai suatu peristiwa atau suatu layanan baru, menawarkan analisis Anda mengenai suatu keadaan, atau Anda hanyalah melibatkan diri dalam suatu kelompok minat tertentu. Internet adalah perkakas sempuma untuk menyiagakan dan mengumpulkan sejumlah besar orang secara elektronis. Informasi mengenai suatu peristiwa tertentu dapat ditransmisikan secara langsung sehingga membuatnya menjadi suatu piranti meriah yang sangat efektif. Banyak sekali forum yang tersedia untuk tujuan istimewa ini -- mengumumkan berita terakhir mengenai suatu peristiwa atau mencetuskan perdebatan mengenai silang pendapat paling mutakhir.
Namun, jaringan online bebas-untuk-semua ini tidak hadir begitu saja tanpa sejumlah aturan "netiket." Sama seperti pada setiap situasi sosial, terdapat cara bersikap yang dapat diterima, dan Anda harus mencamkannya sebelum terjun ke dalam situasi itu dan sebelum telanjur bersikap berbeda sehingga dicap sebagai orang biadab. Bab 3 berisi panduan yang-harus-dibaca mengenai beberapa sandi yang terkenal mengenai cara bertingkah laku di Internet.

Informasi

Pada bulan Mei 1993, Presiden Bill Clinton mengatakan: "Kita sedang bergerak maju dengan sangat cepat dalam semua jenis produksi dan layanan yang berdasarkan pengetahuan ekonomi -- penghasilan Anda bergantung pada apa yang Anda dapat pelajari. Tidak hanya pada apa yang Anda ketahui hari ini, tetapi juga pada apa yang Anda mampu pelajari pada esok hari." Apa yang dapat Anda pelajari bergantung pada sumber daya informasi yang dapat Anda akses secara langsung. Mereka yang akan berhasil dalam dunia sekarang dan esok hari adalah yang dapat menggunakan secara efektif berbagai sumber daya dan perkskas yang tersedia bagi mereka. Dan Internet selalu siap membantu Anda.
Informasi penting yang tersedia di Internet jumlahnya terus meningkat. Ini mencakup berbagai arsip gratis dan arsip umum, katalog perpustakaan, layanan pemerintah, dan berbagai pangkalan-data komersial. Internet ibarat cairan yang berubah setiap detik; begitu beritanya mengalir, maka pandangan yang berbeda, laporan, dan aneka pendapat mengairi berbagai arsip dan forum. Perkakas pelacak canggih, dengan nama seperti Gopher, WorldWideWeb, dan WAIS (semuanya akan dijelaskan dalam bab 4), dapat membantu Anda menemukan dan membawa pulang semua sumber daya ini.
Semua piranti digital ini memberi Anda kemampuan untuk menerabas orang yang menghalangi jalan Anda menuju ke sumber. Anda tak perlu lagi mendengar siaran berita 24-jam melalui radio atau TV dan menunggu berita prakiraan cuaca setempat. Pada Internet, Anda dapat memeriksa berita cuaca terakhir dan memesan berbagai barang dan layanan online kapan saja Anda perlukan. Sebagai contoh, Anda dapat rnenelusuri buku panduan perumahan online untuk mencari rumah baru yang berada ribuan mil jauhuya; Anda tidak perlu pergi dahulu ke kantor perumahan terdekat. Anda dapat membentuk pendapat pribadi Anda berdasarkan sumbernya, bukan berdasarkan ringkasannya. Internet dapat membantu Anda membuat putusan yang cerdas. Walaupun demikian, berhati-hatilah karena tak satu pun jaringan yang memperlihatkan kepada Anda jalan yang terbaik; semuanya terserah pada Anda untuk menyusun dan menganalisis apa yang tersedia, dan kemudian Andalah yang harus mengambil keputusan cerdasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar