Senin, 07 September 2009

Mengenal Internet

Perlunya Anda mengenal Internet

Internet merupakan jaringan longgar dari ribuan jaringan komputer yang menjangkau jutaan orang di seluruh dunia. Misi awalnya adalah menyediakan sarana bagi para peneliti untuk mengakses data dari sejumlah sumber daya perangkat-keras komputer, yang mahal. Namun, sekarang Internet telah berkembang menjadi ajang komunikasi yang sangat cepat dan efektif sehingga telah menyimpang jauh dari misi awalnya. Dewasa ini, Internet telah bertumbuh menjadi sedemikian besar dan berdayanya sebagai alat informasi dan komunikasi yang tak dapat Anda abaikan.

Penggunanya kini mencakup berbagai kalangan -- surat kabar, penerbit, stasiun TV, artis, para pendidik, pengelola perpustakaan, penggemar komputer, dan pengusaha. Alasan pemanfantannya pun beraneka ragam, mulai dari sekadar untuk berkomunikasi hingga mengakses informasi dan data yang penting. Hampir setiap surat kabar atau majalah yang Anda baca tak luput dari berita yang menceritakan peranan Internet dalam kehidupan, proyek, atau temuan seseorang.

Nilai yang ditawarkan Internet dapatlah dikiaskan sebagai sistem jalan raya dengan transportasi berkecepatan tinggi yang memperpendek waktu perjalanan Anda. Atau dapat juga diibaratkan sebuah perpustakaan yang dapat Anda kunjungi setiap saat, dengan kelengkapan buku, sumber informasi, dan kemungkinan penelusuran informasi yang tak terbatas. Atau, sebagai sebuah jamuan pesta semalam suntuk dengan penerima tamu ramah yang siap menyambut kehadiran Anda setiap saat. Itulah Internet, dan bab ini akan bercerita mengapa Anda perlu mengetahuinya.

Asal muasal Internet

Jagat raya Internet tercipta oleh suatu ledakan tak terduga di tahun 1969, yaitu dengan lahirnya ARPANET, suatu proyek eksperimen dari Kementerian Pertahanan Amerika Serikat bernama DARPA (Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Misi awalnya sederhana, yaitu mencoba menggali teknologi jaringan yang dapat menghubungkan para peneliti dengan berbagai sumber daya jauh seperti sistem komputer dan pangkalan data yang besar. Keberhasilan ARPANET membantu membudidayakan sejumlah jaringan lainnya, yang kemudian menjadi saling berhubungan; 25 tahun kemudian, sistem ini berevolusi menjadi suatu "organisme" yang semakin luas perkembangannya yang mencakup puluhan juta orang dan ribuan jaringan.

Sebagian besar pengguna melukiskan Internet (atau "Net") sebagai suatu "jaringan dari jaringan"; pertumbuhannya tampaknya tak pernah berhenti. Internet tidak hanya menghubungkan Anda dengan sebuah komputer lain, tetapi juga menghubungkan Anda dengan semua komputer lainnya yang juga tersambung ke Internet. Namun, janganlah Anda membayangkan Internet sebagai semacam himpunan komputer. Internet adalah semacam jagat raya yang terus-menerus berkembang, memiliki geografi, "cuaca," dan budaya sendiri. Dalam bola dunia cyber ini, berbagai orang dari penjuru dunia berkomunikasi melalui zona waktu yang berbeda tanpa saling bertatap muka, dan informasinya tersedia selama 24 jam sehari dari ribuan tempat.

Internet dihuni oleh jutaan orang "nonteknik" yang menggunakannya setiap hari untuk berkomunikasi dan mencari informasi. Ketika buku ini mulai ditulis pada musim semi tahun 1992, populasi Internet sebagian besar adalah para peneliti dan pendidik, dan belum terdapat banyak aplikasi dan kelompok minat yang relevan bagi masyarakat umum. Dua tahun kemudian, berbagai layanan utama mendominasi penggunaan Internet ini. Sebagai akibatnya, Internet dibanjiri berbagai sumber daya bermanfaat dan semakin banyak penumpangnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar